JEMBATAN YANG BERNAMA KENANGAN

Sesuatu yang terdekat dari kehidupan itu adalah kematian dan yang terjauh itu adalah masa lalu. Dua hal yang senantiasa mengiringi setiap detik dari kehidupan. Saat waktu itu bergerak menuju sesuatu yang semakin mendekat diperlukan sebuah ruang kesadaran yang harus senantiasa terstimulasikan. Sebab sejenak bergumul dalam kelalaian, bisa jadi pada saat itu waktu kemudian terhenti. Maka penyesalan yang menggunung tak kan mampu melerai waktu yang terlalui untuk kembali mundur.

Pemaknaan yang tepat untuk masa lalu yang semakin mejauh meninggalkan waktu kehidupan harus senantiasa dihadirkan. Masa lalu mungkin bisa jadi berupa kumpulan karya yang membanggakan sehingga patut untuk diletakkan pada rak kenangan. Sewaktu-waktu rak kenangan dapat dibuka untuk menghasilkan senyuman karena ia begitu spesial dipikiran dan hati.

Ada kalanya kenangan wujud dari luka dan ingin terbenamkan karena menyisakan kepedihan yang tak ingin belama-lama untuk dirasakan. Anehnya sedemikian muncul usaha menguburnya justru semakin kuat pula masa lalu itu menyeruak kepermukaan. Tidak ada tempat pada rak kenangan untuk sebuah kisah luka itu.

Kenangan adalah jembatan pada masa lalu, meski ada jarak yang sedemikian jauh, kenangan membuatnya menjadi lebih dekat. Kenangan akan mampu menghubungkan masa lalu tersebut dengan masa sekarang. Maka beruntunglah mereka yang memiliki kenangan untuk bisa sampai ke masa lalu itu.

Meletakkan kenangan ini agar ia menjadi sesuatu yang bukan saja tertinggal dibelakang, namun menjadi seuatu yang dapat menggerakkan dalam mempersiapkan sesuatu yang semakin mendekat. Dalam banyak kondisi kenangan dapat pula banyak hal. Alangkah naifnya jika kita senantiasa mengalami amnesia pada banyak kenangan hanya karena kenangan itu terlalu pahit untuk diingat.

Begitulah, waktu menampilkan keunikannya, tinggal bagaimana penghargaan terhadap setiap detik dari waktu yang terus berjalan.

Yesterday for learn, to day for life and tomorrow for hope

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s